Pages

Thursday, December 5, 2019

MENANGGAPI ISU STRATEGIS PEMBANGUNAN KESEHATAN

Menangapi isu strategis pembangunan kesehatan. 
Pembangunan kesehatan merupakan salah satu upaya pembangunan nasional yang diselenggarakan pada semua bidang kehidupan. Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Dengan demikian, pembangunan kesehatan merupakan salah satu upaya utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang pada gilirannya mendukung percepatan pencapaian sasaran pembangunan nasional..
Kementerian kesehatan mengangkat enam isu strategis pembangunan kesehatan yangmenjadi prioritas dalam pembangunan kesehatan. Keenam isu tersebut adalah peningkatan akses pelayanan kesehatan dan gizi yang berkualitas bagi ibu dan anak, Peningkatan pengendalian penyakit menular dan tidak menular serta penyehatan lingkungan, Peningkatan profesionalisme dan pendayagunaan tenaga kesehatan yang merata, Peningkatan jaminan pembiayaan kesehatan, Peningkatan ketersediaan, pemerataan, keterjangkauan, jaminan kesehatan, khasiat/manfaat dan mutu obat, alat kesehatan, dan makanan, serta daya saing produk dalam negeri dan Peningkatan akses pelayanan KB berkualitas yang merata. Kebijakan tersebut didukung oleh promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, peningkatan pengelolaan lingkungan sehat, peningkatan sumber daya kesehatan, pengembangan obat asli Indonesia, pengembangan kebijakan dan manajemen pembangunan kesehatan, serta penelitian dan pengembangan kesehatan.  
Dalam menghadapi isu strategis pembangunan kesehatan sebagai calon sarjana terapan kesehatan gigi ikut mendukung percepatan pembangunan kesehatan melaui upaya-upaya yang dapat dilakukan.
Upaya yang dapat dilakukan oleh calon sarjana terapan kesehatan gigi yaitu bekerja sesuai dengan kompetensinya yang dibutuhkan oleh masyarakat yang telah diatur dalam PERMENKES No 20 Tahun 2016 Bab III Pasal 12 untuk mendukung percepatan pembangunan kesehatan dan lebih berorientasi dengan Primary Helath Care. Selain itu upaya yang dilakukan untuk pembangunan kesehatan adalah pemerataan dan peningkatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas sebagai unit organisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat maupun di Posyandu sebagai upaya kesehatan berbasis masyarakat.
Sebagai calon sarjana terapan kesehatan gigi upaya-upaya tersebut dilakukan untuk mendukung percepatan pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia.

Daftar pustaka:
Permenkes No 20 Tahun 2016 Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Terapis Gigi dan Mulut
Kementerian Kesehatan RI 2019 Tentang Pembangunan Kesehatan
Relevansi kurikulum fakultas kedokteran gigi unpad dengan pengembangan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas. Universitas Padjajaran.
Bappenas. Peningkatan akses masyarakat. Bab 28
Rencana pengembangan tenaga kesehatan tahun 2011-2025

No comments:

Post a Comment

GERMISID di SDN Bojong Salaman 01 Semarang

GERMISID? Apa itu GERMISID? GERMISID adalah gerakan orang tua dan murid sadar kesehatan gigi sedari dini. jadi kegiatan ini dilakukan s...